Pencanangan Kalurahan/Desa Bersih Narkoba

297 views

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-11-11-at-14.56.211-1024x1024.jpeg

Kulonprogo. Saat ini peredaran narkoba tidak hanya di perkotaan saja, namun sudah sampai ke pelosok desa.  Pekerja yang berada di desa seperti nelayan, petani, pekerja swasta juga rentan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Hal ini di katakana  Kepala Badan narkotikan Nasional Provinsi DIY, Brigjen pol Andi Fairan, dalam Pencanangan Kalurahan Bersih Narkoba (Bersinar) dan Kampung Tangguh Narkoba, di Balai Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo, Kulonprogo, Kamis (11/11/2021).

Adanya  Bandara YIA menjadikan Kulonprogo berada di jalur peredaran gelap narkoba. Apalagi dengan fokus pembangunan di desa, akan menjadi potensi bisnis ada di desa.

 “Untuk mengantisipasi peredaran inilah dibuat Kalurahan/Desa  Bersih Narkoba ( Bersinar) menanggulangi permasalahan narkoba,” kata Brigjen pol Andi Fairan.

Untuk menekan kasus ini butuh sinergitas antara pemerintah pusat sampai di tingkat desa dalam pencegahan peredaran gelap narkoba. BNN akan menjadikan desa sebagai garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan narkoba dan desa memiliki daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Program desa bersinar merupakan program prioritas nasional yang memberikan kewenangan kepada desa untuk membuat kebijakan dengan mengarusutamakan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika atau dikenal dengan P4GN,” ujarnya.

P4GN melibatkan semua komponen masyarakat dan pemerintah desa bekerja sama dengan Karangtaruna, PKK, Satlinmas, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Di Kulonprogo sudah ada 5 kaluran dan 1 kelurahan yang ditetapkan sebagai pilot project Kalurahan Bersinar yaitu , Kalurahan Jangkaran, Kelurahan Wates, Kalurahan Jatisarono, Kalurahan Sentolo, Kalurahan Cerme, dan Kalurahan Pendoworejo.

Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini, S.H., S.I.K  mengatakan, untuk mencegah peredaran gelap narkoba polisi tidak bisa bergerak sendiri. Butuh dukungan dan sinergitas dan seluruh masyarakat. “Polri tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dari masyarakat dalam membentuk generasi muda tanpa narkoba,” katanya.

author

Comments are closed.