GLADHEN ALIT JEMPARINGAN MATARAMAN DI OBYEK WISATA GOA KISKENDO JATIMULYO GIRIMULYO

GLADHEN ALIT JEMPARINGAN MATARAMAN DI OBYEK WISATA GOA KISKENDO JATIMULYO GIRIMULYO

Rabu tanggal 10 November 2021 berlangsung kegiatan Gladen Alit Jemparingan Mataraman di obyek wisata Goa Kiskendo di wilayah Kalurahan Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Kegiatan Gladen Alit Jemparingan yang di laksanakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogo bertujuan dalam rangka untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jeparingan atau panahan tradisional, pada awal mulanya adalah sebuah upaya yang hanya dilakukan dalam rangka untuk melawan musuh di medan perang.

Makna jemparingan mengalami perubahan dengan seiring perkembangan perjalanan waktu di dalam aspek kehidupan manusia. Di mana pada awalnya jemparingan hanya tumbuh dan berkembang di Yogjakarta pada massa Kerajaan Mataram.

Kegiatan Jemparingan pada mulanya adalah kegiatan khusus dan hanya di lakukan oleh para penghuni keraton khususnya di mataram, baik oleh para bangsawan kerajaan maupun keluarga.
Sering berjalannya waktu jemparingan yang awalnya hanya di lakukan oleh prajurit mulai mengalami pergeseran dan mulai menyebar di masyarakat luas.

Untuk itu Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogro menggelar event kegiatan Gladhen Alit Jemparingan Mataraman di obyek wisata Goa Kiskendo bertujuan di sampaing dalam rangka untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta juga sebagai promosi wisata alam yang ada di wilayah Kabupaten Kulonprogo. (ag/hpg-sudex)

author

Comments are closed.