Polres Kulonprogo Menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Progo 2023-2024

 

Kulonprogo- Kepolisian Resor Kulonprogo menggelar Lat Pra Operasi Mantap Brata Progo 2023-2024 yang dibuka Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati S.I.K., M.H. guna mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Aula Satpas Kulonprogo , Selasa (3/09/2023)

Polres Kulonprogo sebagai satuan kewilayahan Polri di Kabupaten Kulonprogo, dalam rangka pengamanan tahapan penyelenggaraan pemilu 2023-2024 akan menyelenggarakan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata Progo 2023-2024”. dilaksanakan dengan didukung oleh TNI, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya, operasi pemeliharaan keamanan ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, serta didukung kegiatan penegakan hukum guna terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dalam amanatnya Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati S.I.K., M.H mengatakan bahwa sebelum melaksanakan tugas operasi “Mantap Brata Progo 2023-2024”, dilaksanakan latihan pra operasi sebagai sarana pembelajaran, bertukar pikiran dan pengalaman. Melalui pelatihan ini, diharapkan nantinya akan mampu menghasilkan dan mendukung kesiapan yang lebih baik lagi dari semua fungsi maupun satuan kerja, menumbuhkan komitmen bersama untuk siap mengamankan penyelenggaraan pemilu yang kondusif menuju Pemilu damai tahun 2024 di Kabupaten Kulonprogo pada seluruh rangkaian tahapan pelaksanaannya.

Kapolres Kulonprogo menambahkan berbagai potensi yang dapat memicu kerawanan dalam pelaksanaan pemilu, seperti bertemunya antar massa kampanye yang berbeda parpol, ketidakpuasan terhadap hasil perhitungan suara, provokasi oleh pihak-pihak yang sengaja untuk memperkeruh situasi dan lain sebagainya, tentunya hanya akan mampu ditanggulangi secara baik, melalui koordinasi atau sinergi diantara kita semua, dengan melibatkan seluruh stake holder.

“Kepada para peserta sekalian agar serius dalam mengikuti latihan dan fokus dengan materi yang disampaikan oleh instruktur, bila ada yang kurang paham silahkan bertanya kepada instruktur agar jelas” pungkas Kapolres .

Sementara itu kapolda DIY Irjen. Pol Suwondo Nainggolan, S.IK, MH yang memberikan amanat melalui sarana zoom meeting diwaktu dan acara yang sama mengatakan bahwa saat ini usia anak anak akan menjadi aset sumber daya manusia yang luar biasa sebagai bonus demografi di 2030 dan ini memerlukan kontribusi semua pihak agar menjadi keunggulan bangsa Indonesia. Maka dalam tahapan ini kita semua wajib mensukseskan jalannya pemilu sebagai wadah pesta demokrasi yg harus kita amankan setiap tahapan pelaksanaannya.
Kapolda DIY menambahkan bahwa pada saat in 2024 jangan sampai ada dan patut kita antisipasi antara lain politik identitas, maka kita perkuat kesatuan yang ada hanya Indonesia Pancasila, masih ada berita hoax, polarisasi politik , intimidasi terhadap pemilih dan penyelaenggara pemilu serta konflik antara pendukung pemilu.

Ancaman gangguan dalam pelaksanaan tahapan pemilu itu, semuanya dapat diatasi dengan kehadiran Polri sebagai insan Bhayangkara berdiri ditengah tengah masyarakat tampil dengan performa yang lengkap antara fisik, skill dan kemampuan, tidak boleh ada keraguan dalam bertindak. Untuk mewujudkan itu semua perlu diadakannya pelatihan dan simulasi dalam menghadapi dinamika tugas dilapangan.
“Sinergitas yang baik antar fungsi dan tanamkan prinsip utama adalah keselamatan petugas dan keselamatan masyarakat” kata Kapolda DIY

“Laksanakan Latihan Pea Operasi ini dengan sungguh- sungguh guna menunjang pelaksanaan Operasi Mantap Brata Progo 2023- 2024” pesan Kapolda DIY mengakhiri

author

Comments are closed.