Nonton Bareng Pergelaran Wayang Orang ” Pandowo Boyong” Kapolres Kulonprogo, PJU, dan Forkompimda

Nonton Bareng Pergelaran Wayang Orang ” Pandowo Boyong” Kapolres Kulonprogo, PJU, dan Forkompimda.

Kulonprogo - Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K. didampingi wakapolres, PJU dan para Kapolsek menyaksikan secara virtual pegelaran Wayang Orang
"Pandowo Boyong" di Aula Polres Kulonprogo. Hadir Dalam kegiatan dimaksud Kepala Kesbangpol mewakili Pj. Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0731/KLP, dan beberapa Pejabat Forkompimda Kabupaten Kulon Progo, Tokoh masyarakat dan perwakilan komunitas pecinta Wayang.

Pagelaran wayang orang ini disiarkan secara langsung dari Taman Ismail Marzuki Jakarta, adapun pemeran wayang orang ini antara lain :
1. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit sebagai Prabu Puntadewa,
2. Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Bima Sena,
3. Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Batara Guru,
4.Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Batara Baruna,
5. Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, sebagai Eyang Abiyasa.

Kapolres Kulonprogo mengapresiasi pertunjukan wayang orang tersebut, dimana dengan digelarnya pertunjukan wayang ini berarti dapat dipastikan masih terjaganya seni budaya di tanah air, bahkan ia sangat bangga dimana Kapolri dan Panglima TNI turun langsung dan ikut ambil andil sebagai pemain dalam seni pertunjukan wayang orang tersebut.

Pandawa Boyong bercerita tentang perjuangan Pandawa yang merupakan lambang kehidupan, mengajak kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima. Pagelaran Wayang Orang ini merupakan salah satu dalam upaya pelestarian budaya nusantara. Melalui cerita wayang ini saya mengajak seluruh warga Kulonprogo agar dalam kehidupan sehari hari saling menghormati dan menjunjung tinggi toleransi, menuju kehidupan yang damai dan sejahtera, toto titi tentrem kerto raharja.

author

Comments are closed.