Sungai Jaran Nanggulan Hanyutkan Hewan Ternak Dan Rendam Puluhan Rumah

Sungai Jaran yang  melintasi di Dusun Jatingaran Lor dan Jatingaran Kidul  Kalurahan Jatisarono Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulonprogo meluap dan merendam beberapa rumah warga  serta menghanyutkan hewan ternak milik warga.

Kejadian itu disebabkan karena pada hari Minggu (13/02/2022) mulai pukul 16.00 wib sampai dengan pukul 20.00 Wib di Wilayah Kapanewon Nanggulan terjadi hujan deras sehingga mengakibatkan sungai yang meluap.

“Akibat luapan Sungai Jaran tersebut RT 50  Dusun Jatingaran Kidul terendam air dengan ketinggian antara 50-100 cm karena daerah tersebut  berada di daerah cekungan / lebih rendah, sebanyak 11 rumah yang terendam”, ujar Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry W.

“Sedangkan untuk wilayah Padukuhan Jatingaran Lor yang terdampak Luapan Sungai Jaran merendam RT 44 dan RT 45 dengan ketinggian air antara 50-100cm dan mengakibatkan  19 rumah yang terendam”, lanjut Iptu Jeffry.

Polsek Nanggulan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Kulonprogo, DRU SAR DIY dan relawan mulai mengevakusi korban yang terendam air untuk dibawa ke tempat yang lebih aman, dan sebagian besar warga mengungsi di tempat saudaranya yang jauh dari bantaran sungai.

Setelah  luapan air mulai surut warga yang terdampak ringan akibat luapan Sungai Jaran tersebut  kembali ke rumah untuk membersihkan bekas luapan air Sungai Jaran. Dan warga yang rumahnya masih terdampak luapan Sungai Jaran  sebagian masih ada yang menginap di rumah saudaranya yang rumahnya yang jauh dari bantaran Sungai Jaran.

 Akibat kejadian tersebut  tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka baik luka ringan ataupun luka berat. Selain merendam beberapa rumah warga akibat luapan Sungai Jaran tersebut  banyak hewan ternak warga yang hanyut terbawa luapan Sungai jaran.   Selain itu juga ada tembok warga yang roboh dan untuk kerugian material belum dapat diketahui jumlahnya karena belum bisa merinci kerugian yang ditimbulkan akibat lupan Sungai Jaran tersebut.

author

Comments are closed.